Senin, 22 Agustus 2022

Menulis di Kompasia

Oleh:  Makripuddiin
Resume ke-1
Gelombang 27
Tanggal: Senin 22 Agustus 2022
Tema: Menulis di Kompasia
Narasumber: DR. Wijaya Kusumah, M. Pd. 
Moderator: Widya Setiyaningsih

Hari ini banyak sekali kegiatan, seperti biasa, hampir tidak ada waktu luang untuk bersatai, pulang dari masjid, setelah menyelesaikan shalat isya hampir saja saya melewatkan pertemuan pertama di kelas menulis.

 

Untung saja volume hanphone tidak disilen seperti biasa. Untuk kali ini memang sengaja dibesarkan volumenya sebagai pengingat, bahwa malam ini adalah malam perdana mengikuti kelas menulis gelombang 27. Wow kreen bukan? Ternyata kelas menulis asuhan dari Om Jay sudah melewati banyak episode.

 

Maklum, jika sudah malam biasanya saya fokus menemani anak untuk belajar, seperti menyelesaikan pekerjaan rumahnya, murozaah untuk hafalannya dan sampai menemani mereka mengarungi mimpi yang indah. Setelah mendengarkan bunyi hanphone beberapa kali, saya baru menyadari bahwa saya harus membuka hanphone. Toh anak-anak juga sudah mulai hanyut dalam mimpinya.

 

Dalam hati ada pertanyaan,

“Benar gak sih, hanphoneku rame gara-gara Kelas Belajar Menulis?”

wah... “Jangan-jangan memang iya?”.

 

Sambil menghela nafas panjang saya menuju sudut kamar dimana saya menaruh hanphone yang dari tadi di cas untuk persiapan belajar.  Seperti biasa jika pesan yang masuk di group belajar menulis gelombang 27 pasti masuk dengan keroyokan.

 

Setelah hanphone saya buka benar saja pesan yang masuk sudah banyak sekali, karena menurut saya setiap pesan yang masuk di group menulis sangat penting untuk dibaca, saya harus bersabar menscrol pesan mulai dari atas biar tidak gagal faham.

 

Setelah menemukan pesan sebentar lagi kelas dimulai semua anggota group dipersiapkan untuk menyimak materi yang akan diterima melalui lewat WA group, saya langsung berhenti menscrol pesannya. 

 

Awalnya saya kira kita belajar lewat zoom meting seperti di awal pertemuan atau pembukaan kelas menulis angkatan ke 27, sehingga saya berusaha mencari link zoom meting walau sudah berulang kali mengobok-obok pesan dari atas ke bawah dan lagi dari bawah ke atas tetap saja tidak menemukan link zoom yang saya cari dan kemudian saya baca lebih teliti dan seksama hanya menemukan jawaban kita belajar lewat WA group saja.

 

Kemudian saya mencoba untuk fokus sama arahan mentor dan moderator yang memberikan randown acara yaitu:

Pertemuan di bagi dalam 4 sesi

1. Pembukaan

2. Paparan materi melalu chat WA grup

3. Tanya jawab

4. Penutup

 

Kemudian kita disuguhkan sebuah puisi yang cukup berkesan menurut saya pribadi,  puisi tersebut dibuat sebagai bentuk usaha motivasi agar kita bisa mengikuti jejak seorang guru, teman, mentor dan coach yuup.. Beliau adalah Dr Wijaya Kusuma, M. Pd.

 

Dari puisi yang saya baca dapat ditemukan pesan om Jay adalah seorang sosok pejuang literasi, yang selalu bercita-cita untuk meningkatkan minat literasi bagi semua orang, bagi beliau uang bukan srgalanya karena dengan menulis beliau sudah banyak mendapatkan penghargaan dan bisa keliling dunia. 

 

Puisi tersebut cukup bisa mengompori saya. Lagi-lagi saya menghela nafas panjang dan berpesan pada diri sendiri "semoga kamu bisa konsisten bro" dan tanpa sengaja bibir ini berucap amiin ya robbalalamin.  Kemudian saya lanjut membaca profil beliau, wow... saya sangat tercengang melihat segudang prestasi dan aktivitas yang beliau sudah lalui.

 

Ternyata hanya sekedar membaca biodata seseorang dan orang tersebut adalag sosok yang sangat luar biasa, bisa juga menjadi vitamin tambahan buat kita yang masih malas menulis, apalagi belajar diusia yang sudah tidak muda ini, tentunya akan berusaha mencari alasan kebenaran terhadap kemalasan kita.

 

Ok sobat, sekarang sudah semangat lagi kan?

Selanjutnya kita diberikan materi oleh Om Jay, beberapa trik untuk bisa menulis di kompasia dan tulisan yang kita buat, bisa diterima dan orang tertarik untuk membacanya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis agar tulisan kita mendapat penilain yang baik oleh pembaca antara lain sebagai berikut:

1. Aktual

2. Bermanfaat

3. Insfiratif

4. Menarik

5. Menghibur dan

6. Unik

 

Nah teman-teman pembaca yang baik hati, dari tulisan di atas semoga bisa menjadi spirit awal untuk kita memulai dalam menulis, dan semoga kita bisa menjadi seorang penulis yang terus konsisten. Hal ini sesuai dengan arahan dari Om Jay. Mengingat saya pribadi adalah orang susah untuk mendapatkan ide untuk ditulis dan jarang meluangkan waktu menulis tentu saja pasti akan menemukan kendala diawal, tapi justeru dari kendala-kendala yang ditemukan nanti akan menjadikan kita lebih dewasa dan terbiasa dalam menulis.

 

Saya sendiri tanpa sadar sudah menulis beberapa kalimat yang menurut saya ini amazing karena jarang sekali saya mau menulis dan susah untuk menemukan ide untuk ditulis. Ternyata saya baru sadar, semua hal bisa ditulis, tergantung kita mau memulainya. Semoga setelah mengikuti kelas menulis ini, ada harapan besar bersama teman-teman yang lain lebih semangat lagi dalam menulis dan berbagi banyak hal kepada orang lain lewat tulisan. Akhir kata tidak ada proses yang sia-sia yang sia-sia adalah orang pemalas yang menyia-nyiakan waktu. 

 

Saya kutip salah satu kalimat yang sangat menginspirasi kita untuk tetap semangat dalam menulis. 

 

"Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah." (Armin Martajasa)

 

 


8 komentar:

  1. terima kasih resumenya, Selamat malam pembaca kompasiana. Akhirnya kita bisa jumpa juga walaupun hanya melalui dunia maya. Baru saja Omjay memberikan materi menulis di kompasiana. Pesertanya lumayan banyak juga, walaupun hanya melalui aplikasi WA.


    Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Ferdy Sambo, Karomani dan Seleksi Guru Penggerak Indonesia", Klik untuk baca:
    https://www.kompasiana.com/wijayalabs/630392c73555e45d7169ac63/ferdy-sambo-karomani-dan-seleksi-guru-penggerak-indonesia?source_from=notification_activity
    Kreator: Wijaya Kusumah

    Kompasiana adalah platform blog, setiap konten menjadi tanggungjawab kreator.
    Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

    BalasHapus
  2. Terima kasih om jay

    BalasHapus
  3. Ayoo gaeuskan.... Semangatsss🏆🏆🏆

    BalasHapus
  4. Hebat. Semoga kita bisa jadi penulis

    BalasHapus
  5. Resume yang menarik pak, semangat

    BalasHapus