Minggu, 13 Juni 2021

1.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 2

 

1. Facts (Peristiwa)
dengan mengikuti PGP banyak hal yang terjadi dalam diri saya, terutama dalam hal membagi waktu, kapan melaksanakan tugas mengajar di kelas, kapan melaksanakan tugas sebagai operator sekolah, kapan mengikuti jadwal pembelajaran di laman LMS dan ruang kolaborasi bersama rekan CGP dan Fasilitator, hal ini harus benar-benar bisa dikerjaknn dengan tepat waktu dengan jadwal saya yang begitu padat, sehingga saya harus ekstra menjaga kesehatan dan mengatur pol istirahat agar semua bisa berjalan dengan baik. selanjutnya melakukan sosialisasi dengan rekan sejawat di sekolah terkait dengan PGP agar semua warga sekolah satu pemahaman dan bisa bersama-sama mewujutkan profil pelajar pancasila dan mewujutkan proses pemeblajaran yang berpusat dan berpihak kepada siswa.
2. Feelings (Perasaan)
saya merasa minggu ke dua ini adalah minggu terberat karena saya harus merubah pola atau kebiasaan saya sebagai guru setelah mengikuti PGP, saya merasa saya harus ada perubahan sebagai guru sebelum dan sesudah mengikuti PGP. sehinga tekanan yang saya rasakan dalam diri saya cukup kuat baik yang berasal dari sendiri maupun dari orang lain hal ini semata-mata saya ingin menunjukkan bahwa tugas sebagai Guru Penggerak sangatlah istimewa yaitu untuk meneruskan tujuan pendidikan pelajar pancasila sesuai dengan pemikiran KHD.
3. Findings (Pembelajaran)
dalam kegiatan pembelajaran saya memulai dengan melakukan kesepakatan dengan siswa bagaimana proses pembelajaran yang mereka inginkan dan membuat aturan-aturan kelas agar kegiatan belajar-mengajar menciptakan pembelajarn yang berpusat n berpihak pada siswa. respon dari seluruh siswa sangat bagus mereka sangat senang dengan ;anglah yang saya lakukan tapi kendalanya masih banyak guru yang belum sepaham dengan program guru penggerak sehingga dalam proses pemebelajaran belum berpihak kepada siswa, sihinga banyak siswa yang protes mengapa guru yang lain belum mukan langkah seperti yang saya lakukan
4 Future (Penerapan)
jika kita bekerjasama dan saling mendukung tidak ada yang sulit, jadi untuk kedepannya saya akan terus berusaha melakukan kolaborasi lebih inten lagi dengan semua pihak agar program merdeka belajar ini bisa kita wujudkan secara bersama-sama untuk menghasilkan pelajar sesuai dengan harapan kita bersama. karena tidak pekerjaan berat jika dilaku secara bersama dan tidak ada pekerjaan yang ringan jika dilakukan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar