Rabu, 23 Juni 2021

GURU PENGGERAK....1.4.a.6. Refleksi Terbimbing - Budaya Positif

  1. Apa kekuatan dan kelemahan saya dalam menerapkan budaya positif di sekolah/kelas?
  2. Apa perubahan yang akan saya lakukan untuk dapat menerapkan budaya positif di sekolah/kelas?
  3. Apa langkah pertama yang ingin saya lakukan untuk menerapkan budaya positif di sekolah/kelas?
  4. Siapa sajakah yang dapat saya libatkan dalam perancangan dan pembentukan budaya positif di sekolah?

 

A. Urgensi budaya positif di sekolah

    budaya positif di sekolah perlu dibangun untuk menciptakan pendidikan yang mencerminkan sekolah baik, karena sekolah merupakan tempat transformasi ilmudan budaya diharapkan mampu mencetak generasi yang sesuai ngan frofil pelajar pancasila yaitu beriman dan berahlak ulia, kritis, inovatif, gotong royong kebinekaan global sehingga mampu menjadi jembatan keberlangsungan budaya ke masa yang akan datang.

B. Landasan budaya positif yang berpihak pada murid

  • Posisi Kontrol guru
  • Disiplin positif

C. Upaya membangun budaya positif yang berpihak pada murid

  • Membuat kesepakatan kelas sebagai langkah awal dalam membangun budaya positif yang berpihak pada murid
  • Menciptakan visi sekolah untuk membangun budaya positif yang berpihak pada murid 


·  Apa kekuatan dan kelemahan saya dalam menerapkan budaya positif di sekolah/kelas?

kekuatan saya dalam menerapkan budaya positif di sekolah/kelas saya yaitu antara lain

1. mandiri

2, inovatif

3. kolaboratif

4. selalu merefleksikan diri

5. selalu berpihak pada siswa


 

sedangkan kelemahan saya yaitu

1. kurang pecaya diri

2. terkadang fesimis terhadap hasi yang diperoleh

3. kontrol emosi yang masih belum stabil 

Apa perubahan yang akan saya lakukan untuk dapat menerapkan budaya positif di sekolah/kelas?

perubahan yang bisa saya lakukan yaitu antara lain menjalin komunikasi yang baik antara sesama warga sekolah, menjadi teladan bagi siswa, menjadi kontrol manager, membuat kespakatan kelas, menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, menciptakan merdeka belajar dan berani mengambil tantangan.

langkah awal yang ini saya lakukan yaitu membangun komunikasi yang efektif untuk mensosialisasikan tujuan dan manfaat budaya positif, dan membuat kesepakatan kesepakatan kelas
siapa saja yang ada di lingkungan sekolah seperti kepala sekolah, guru, tendik dan siswa



  • Siapa sajakah yang dapat saya libatkan dalam perancangan dan pembentukan budaya positif di sekolah?
  • siapa saja yang ada di lingkungan sekolah seperti kepala sekolah, guru, tendik, siswa dan orang tua siswa.



     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar