Rabu, 24 Agustus 2022

Menjadikan Menulis Sebagai Pasion


Oleh:  Makripuddiin
Resume ke-2
Gelombang 27
Tanggal: Rabu 24 Agustus 2022
Tema: Menjadikan Menulis Sebagai Pasion
Narasumber: Dra. Sri Sugiastuti, M. Pd. 
Moderator: Dail Ma'ruf

Pada pertemuan ke-2 kali ini pembelajaran dipandu oleh Bapak moderator Dail Ma'ruf dan Narasumber ibu Dra. Sri Sugiastuti. M. Pd. Tidak jauh berbeda dengan pembelajaran kelas sebelumnya semua tim yang bertugas menjalankan tugas dengan baik agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik.

 

Di awal pembelajaran kita disuguhkan bacaan yang ringan namun, sarat dengan makna yaitu bagaimana cara atau trik agar awet muda, ternyata setelah dibaca bukan dengan cara olahraga ataupun dengan cara mengkonsumsi makanan tertentu. Namun jika ingin awet muda cukup dengan 12 cara dan semua cara tersebut mengarahkan kita untuk menjadi pribadi yang positif dan berkualiatas secara emosional dan spritual. 

 

Kemudian selanjutnya ibu narasumber yang lebih terkenal dengan bunda Kanjeng ini mengajak kita untuk membaca sepenggal cerita pengalaman beliau ketika hilling ke pulau bajo. Dengan sederet pengalaman pahit dan manisnya yang menuntun kita untuk tetap bersyukur dan saling berbagi tanpa hitung-hitungan. 

 

Beliau adalah salah satu guru bahasa inggris, disalah satu sekolah ternama dan juga salah satu penggiat literasi yang hobi dan pashionya pada bidang menulis sehingga sudah banyak menerbitkan buku antologi dan buku solo. 

 

Yang menjadi pertanyaan kebanyakan orang, kenapa sih kita menulis? 

 

Banyak orang yang belum sadar bahwa setiap orang punya kelebihan dan bakat yang berbeda-beda yang sudah diberikan tuhan akan tetapi bakat menulis tentu bakat dasar yang sama rata diberikan oleh Tuhan kepada hambanya sehingga seharusnya tidak ada seorang yang tidak bisa menulis dengan alasan apapun selama orang itu mau. 

 

Nah lalu apa sih kelebihannya jika kita menulis? 

 

Kelebihan yang akan diperoleh dengan sendirinya bagi seorang penulis antara lainsebagai berikut:

a. Kecerdasan dan kematangan intelektual seseorang dihat ketika mereka menulis 

b. Pekerjaan menulis masih mendapat penghargaan dan pengakuan sosial teratas di masyarakat

c. Menjadi seorang penulis akan menjadikan orang itu terkenang sepanjang hayat. 

 

Jadi apakah anda tertarik untuk memulai menulis? 

 

Saya berharap anda tertarik dong, tapi perlu diketahui untuk melanjutkan niat anda menjadi seorang penulis, kita harus bisa mengantisifasi dan sadar bahwa untuk mewujudkannya tidak mudah pasti ada hambatan dan rintangannya, apa saja rintangan menjadi seorang penulis?

1.      Merasa tidak bakat menulis

Perasaan ini pasti akan muncul kepada semua orang, hal ini disebabkan karena belum terbiasa, dan jika dibiarkan tentunya akan menjadi bumerang bagi seorang pemula. Oleh sebab itu, dalam memulai kegiatan menulis tanamkan pada diri bahwa anda sedang belajar menulis, jika ada salah, itu bagian dari suatu proses untuk menjadi lebih baik kedepannya.

2.      Tidak punya waktu untuk menulis

Nah, perasaan tidak punya waktu untuk menulis, juga merupakan hambatan yang tidak boleh diremehkan, karena hal ini akan membuat kita tidak akan memulai menulis. Padahal jika menilik keseharian kita, justeru banyak waktu yang dibuang secara percuma atau banyak waktu yang tidak berkualitas yang kita habiskan. Sayang sekali bukan? Oleh sebab itu, dalam menulis tentu kita yang harus meluangkan waktu itu, bukannya menunggu waktu luang.

3.      Tidak memiliki ide untuk ditulis

Ide menulis memang merupakan dasar kita untuk memulai menuliskan bait demi bait, kata demi kata. Jika ide itu mandek atau tidak keluar, akan menyebabkan tulisan kita tidak akan selesai. Tapi jangan khawatir, jika susah menemukan ide untuk ditulis. Maka tulislah apa yang sedang anda rasakan. Misalnya anda lagi tidak punya ide untuk ditulis dan otak lagi buntu, justeru apa yang sedang anda rasakan pada saat itu, sebenarnya sudah bisa dijadikan bahan untuk menulis.

4.      Tidak mau dikritik

Siapa sih yang mau dikritik? Tentu saja semua orang pada dasarnya akan lebih senang dipuji. Namun kritikan juga tidak bisa kita elakan, karena biasanya kritikan itu bertujuan untuk mebuat tulisan anda menjadi lebih bagus. Anggap saja kritikan adalah obat dikala anda sakit.

5.      Tidak suka menulis

Alasan orang tidak suka menulis, biasanya karena tidak percaya diri akan tulisannya. Jika anda tidak suka menulis, maka bergaullah dengan orang suka menulis atau anda bergabung dengan komunitas menulis. Sehingga kebiasan orang-orang yang ada pada komunitas menulis akan secara tidak langsung akan mempengaruhi anda untuk memulai mencitai pekerjaan atau hobi menulis.

 

Oleh sebab itu sebagai pemula hal yang pertama yang harus dilakukan adalah mengusir hambatan-hambatan tersebut, dengan cara merubah dulu mindset bahwa menulis itu mudah dan menyenangkan kemudian mulai siapkan waktu untuk anda menulis. Jangan baper atau  minder dengan tulisan anda, prerbanyak membaca dan bangun komunitas Literasi sebagai sinergi kekuatan untuk anda terus menulis.

 

Nah, setelah semua yang di atas sudah dilakukan, selanjutnya tanamkan pada diri untuk komitmen dalam menulis. Karena tantangan kedepannya sebagai seorang penulis justeru lebih banyak setelah anda mahir dalam menulis. Maka perlu anda kembali lagi untuk mengingat dan fokus pada niat awal, bahwa nada ingin menjadi seorang penulis.

 

Karena banyak diantara kita sudah punya niat yang baik tapi terkadang belum fokus dan komit sehingga akan berdampak pada keberhasilan. Jika rasa malas itu datang lagi dan ide menulis terhambat, maka ulang kembali rumus di atas, menulis dari hal kecil yang sedang kita alami pada hari ini. Seperti menuliskan cerita aktivitas kita, solusi terhadap kemalasan yang itu sendiri, kemudian tulisan itu kita bagikan kepada orang lain.

 

Saya yakin lambat laun kita akan menjadi penulis yang handal. Pesan yang saya dapat dari pelajaran kali ini, bersama teman-teman menulis gelombang 27. Jadikan menulis sebagai pasion maka anda anda akan menjadi penulis hebat. 


Senin, 22 Agustus 2022

Menulis di Kompasia

Oleh:  Makripuddiin
Resume ke-1
Gelombang 27
Tanggal: Senin 22 Agustus 2022
Tema: Menulis di Kompasia
Narasumber: DR. Wijaya Kusumah, M. Pd. 
Moderator: Widya Setiyaningsih

Hari ini banyak sekali kegiatan, seperti biasa, hampir tidak ada waktu luang untuk bersatai, pulang dari masjid, setelah menyelesaikan shalat isya hampir saja saya melewatkan pertemuan pertama di kelas menulis.

 

Untung saja volume hanphone tidak disilen seperti biasa. Untuk kali ini memang sengaja dibesarkan volumenya sebagai pengingat, bahwa malam ini adalah malam perdana mengikuti kelas menulis gelombang 27. Wow kreen bukan? Ternyata kelas menulis asuhan dari Om Jay sudah melewati banyak episode.

 

Maklum, jika sudah malam biasanya saya fokus menemani anak untuk belajar, seperti menyelesaikan pekerjaan rumahnya, murozaah untuk hafalannya dan sampai menemani mereka mengarungi mimpi yang indah. Setelah mendengarkan bunyi hanphone beberapa kali, saya baru menyadari bahwa saya harus membuka hanphone. Toh anak-anak juga sudah mulai hanyut dalam mimpinya.

 

Dalam hati ada pertanyaan,

“Benar gak sih, hanphoneku rame gara-gara Kelas Belajar Menulis?”

wah... “Jangan-jangan memang iya?”.

 

Sambil menghela nafas panjang saya menuju sudut kamar dimana saya menaruh hanphone yang dari tadi di cas untuk persiapan belajar.  Seperti biasa jika pesan yang masuk di group belajar menulis gelombang 27 pasti masuk dengan keroyokan.

 

Setelah hanphone saya buka benar saja pesan yang masuk sudah banyak sekali, karena menurut saya setiap pesan yang masuk di group menulis sangat penting untuk dibaca, saya harus bersabar menscrol pesan mulai dari atas biar tidak gagal faham.

 

Setelah menemukan pesan sebentar lagi kelas dimulai semua anggota group dipersiapkan untuk menyimak materi yang akan diterima melalui lewat WA group, saya langsung berhenti menscrol pesannya. 

 

Awalnya saya kira kita belajar lewat zoom meting seperti di awal pertemuan atau pembukaan kelas menulis angkatan ke 27, sehingga saya berusaha mencari link zoom meting walau sudah berulang kali mengobok-obok pesan dari atas ke bawah dan lagi dari bawah ke atas tetap saja tidak menemukan link zoom yang saya cari dan kemudian saya baca lebih teliti dan seksama hanya menemukan jawaban kita belajar lewat WA group saja.

 

Kemudian saya mencoba untuk fokus sama arahan mentor dan moderator yang memberikan randown acara yaitu:

Pertemuan di bagi dalam 4 sesi

1. Pembukaan

2. Paparan materi melalu chat WA grup

3. Tanya jawab

4. Penutup

 

Kemudian kita disuguhkan sebuah puisi yang cukup berkesan menurut saya pribadi,  puisi tersebut dibuat sebagai bentuk usaha motivasi agar kita bisa mengikuti jejak seorang guru, teman, mentor dan coach yuup.. Beliau adalah Dr Wijaya Kusuma, M. Pd.

 

Dari puisi yang saya baca dapat ditemukan pesan om Jay adalah seorang sosok pejuang literasi, yang selalu bercita-cita untuk meningkatkan minat literasi bagi semua orang, bagi beliau uang bukan srgalanya karena dengan menulis beliau sudah banyak mendapatkan penghargaan dan bisa keliling dunia. 

 

Puisi tersebut cukup bisa mengompori saya. Lagi-lagi saya menghela nafas panjang dan berpesan pada diri sendiri "semoga kamu bisa konsisten bro" dan tanpa sengaja bibir ini berucap amiin ya robbalalamin.  Kemudian saya lanjut membaca profil beliau, wow... saya sangat tercengang melihat segudang prestasi dan aktivitas yang beliau sudah lalui.

 

Ternyata hanya sekedar membaca biodata seseorang dan orang tersebut adalag sosok yang sangat luar biasa, bisa juga menjadi vitamin tambahan buat kita yang masih malas menulis, apalagi belajar diusia yang sudah tidak muda ini, tentunya akan berusaha mencari alasan kebenaran terhadap kemalasan kita.

 

Ok sobat, sekarang sudah semangat lagi kan?

Selanjutnya kita diberikan materi oleh Om Jay, beberapa trik untuk bisa menulis di kompasia dan tulisan yang kita buat, bisa diterima dan orang tertarik untuk membacanya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis agar tulisan kita mendapat penilain yang baik oleh pembaca antara lain sebagai berikut:

1. Aktual

2. Bermanfaat

3. Insfiratif

4. Menarik

5. Menghibur dan

6. Unik

 

Nah teman-teman pembaca yang baik hati, dari tulisan di atas semoga bisa menjadi spirit awal untuk kita memulai dalam menulis, dan semoga kita bisa menjadi seorang penulis yang terus konsisten. Hal ini sesuai dengan arahan dari Om Jay. Mengingat saya pribadi adalah orang susah untuk mendapatkan ide untuk ditulis dan jarang meluangkan waktu menulis tentu saja pasti akan menemukan kendala diawal, tapi justeru dari kendala-kendala yang ditemukan nanti akan menjadikan kita lebih dewasa dan terbiasa dalam menulis.

 

Saya sendiri tanpa sadar sudah menulis beberapa kalimat yang menurut saya ini amazing karena jarang sekali saya mau menulis dan susah untuk menemukan ide untuk ditulis. Ternyata saya baru sadar, semua hal bisa ditulis, tergantung kita mau memulainya. Semoga setelah mengikuti kelas menulis ini, ada harapan besar bersama teman-teman yang lain lebih semangat lagi dalam menulis dan berbagi banyak hal kepada orang lain lewat tulisan. Akhir kata tidak ada proses yang sia-sia yang sia-sia adalah orang pemalas yang menyia-nyiakan waktu. 

 

Saya kutip salah satu kalimat yang sangat menginspirasi kita untuk tetap semangat dalam menulis. 

 

"Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah." (Armin Martajasa)

 

 


Jumat, 03 Juni 2022

SOAL SEMESTER GENAP

 

PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMAN 1 KURIPAN

Jln. TGH. Abdul Hafidz - Kuripan – Lombok Barat

Website :www.sman1kuripan.sch.id   E-mail : sman1kuripanlobar@yahoo.com

 

 

NASKAH SOAL

ULANGAN AKHIR  SEMESTER GENAP T.P. 2021/2022

Mata Pelajaran                       : Sosiologi

Kelas / Program                      : XI/ IPS&IPA LM

Hari / Tanggal                         :

Nama Siswa/No. Absen          :          

 

Jawablah Soal di bawah ini !

1.      Perhatikan gambar berikut!

Dari bagan di atas dapat disimpulkan bahwa...

  a.      Antara orang tua dan anak ke-3 mengalami mobilitas intragenerasi naik

b.      Antara orang tua dengan anak ke-2 mengalami mobilitas antargenerasi turun

c.      Terjadi mobilitas antargenerasi naik pada anak ke-1 dan ke-3

d.      Terjadi mobilitas antargenerasi vertikal naik

e.      Terjadi mobilitas antargenerasi horizontal

 

2.      Perhatikan contoh mobilitas berikut!

1)      Selain laki-laki, anggota masyarakat dilarang merantau ke daerah lain

2)      Masyarakat desa menganggap segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupannya merupakan nasib yang tidak bisa diubah

3)      Segala hal yang datangnya dari luar masyarakat dianggap buruk

4)      Kemiskinan menghalangi seseorang mewujudkan cita-citanya

5)      Perilaku diskriminasi rasial dalam perusahaan terhadap para karyawannya Mobilitas sosial yang terhambat karena faktor budaya ditunjukkan oleh nomor...

a.   1), 2), dan 3)

b.   1), 2), dan 4)

c.    2), 3), dan 4)

d.   2), 3), dan 5)

e.   3), 4), dan 5)


3.      Sejak SMA hingga perguruan tinggi, Adi aktif mengikuti berbagai kegiatan pencinta alam. Adi pernah menjabat sebagai ketua organisasi Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) di kampusnya. Adi akhirnya dipilih menjadi duta lingkungan hidup oleh Kementerian


Lingkungan Hidup. Saluran mobilitas sosial yang digunakan Adi pada contoh tersebut adalah...

a.      Organisasi ekonomi

b.      Organisasi lingkungan

c.      Organisasi politik

               d.      Lembaga pendidikan

      e.      Lembaga pemerintahan

4.      Tindakan korupsi yang dilakukan Pak Indra mengantarkannya mendekam di penjara. Istri dan anaknya terpaksa pindah dari rumah mewah yang selama ini ditempati karena disita polisi. Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa salah satu dampak mobilitas sosial adalah terjadinya...

a.      Peluang untuk melakukan mobilitas vertikal

b.      Konflik internal dalam keluarga

               c.      Penurunan kelas sosial keluarga

               d.      Pergeseran nilai dan norma

                e.      Perubahan pribadi pelaku

5.      Perhatikan gambar berikut!

Dari bagan tersebut, terjadi peralihan status sosial melalui mobilitas...

a.      Antargenerasi horizontal

b.      Antargenerasi naik

c.      Intragenerasi naik

d.      Intragenerasi turun

e.      Intragenerasi vertikal


6.      Perhatikan beberapa gejala sosial berikut!

1)      Kepadatan penduduk dalam suatu wilayah

2)      Tingkat kesejahteraan masyarakat tergolong menengah ke bawah

3)      Sikap masyarakat yang memegang teguh tradisi nenek moyang

4)      Struktur kepemimpinan bersifat ascribed status

5)      Tingkat pendidikan masyarakat yang semakin tinggi


Gejala sosial yang dapat menghambat proses mobilitas sosial vertikal ditunjukkan oleh nomor...

a.   1), 2), dan 3)

b.   1), 2), dan 4)

c.    1), 3), dan 5)

d. 2), 3), dan 4

e. 3), 4), dan 5)

 

7.      Pak Jokowi mengawali karier sebagai wali kota Surakarta pada tahun 2005. Beliau kemudian menjadi Gubernur Jakarta pada tahun 2012. Belum genap lima tahun menjalankan tugas, beliau terpilih menjadi Presiden ketujuh Republik Indonesia. Saluran mobilitas sosial yang digunakan pada contoh di atas adalah...

a.      Lembaga politik

b.      Organisasi ekonomi

c.      Lembaga pendidikan

d.      Organisasi lingkungan

e.      Lembaga pemerintahan

8.      Sejak Pak Somad menjadi anggota legislatif, keluarga Pak Somad lebih memilih bergaul dengan mereka yang dianggap selevel saja. Masyarakat berangsur-angsur mengubah sikap bangganya menjadi benci. Konsekuensi mobilitas sosial di atas adalah munculnya...

a.      Peluang untuk melakukan mobilitas vertikal

b.      Sikap stereotip dalam masyarakat

c.      Status sosial baru dalam keluarga

d.      Konflik internal dalam keluarga

e.      Disintegrasi masyarakat


9.      Kirana adalah seorang sekretaris dalam perusahaan garmen di Jakarta. Oleh karena pembukaan cabang baru, Kirana dipindahtugaskan ke Singapura dan menjadi sekretaris bos baru. Perpindahannya ke Singapura menjadikan ia lebih sukses karena mendapat berbagai pengalaman baru di tempat kerjanya. Dilihat dari prosesnya, mobilitas sosial yang dilalui Kirana adalah...

a.      Vertikal horizontal antargenerasi

b.      Vertikal antargenerasi naik

c.      Vertikal intragenerasi naik

d.      Horizontal antargenerasi

e.      Horizontal intragenerasi

 

10.   Banyak pemuda desa merantau ke kota dengan harapan mendapat penghidupan lebih baik. Bekal kemampuan dan pendidikan seadanya, tidak menyurutkan tekad para perantau. Mereka memilih merantau dalam ketidakpastian hidup di kota daripada tidak berdaya menjalani hidup di desa. Faktor pendorong mobilitas sosial di atas adalah...

        a.      Situasi politik

        b.      Keadaan ekonomi

        c.      Struktur pekerjaan

        d.      Tingkat pendidikan

        e.      Pertumbuhan penduduk

11.   Setelah belajar agama di pesantren, Pak Dimas mulai dikenal sebagai rohaniwan di lingkungannya. Masyarakat menghormati beliau meskipun profesinya hanya sebagai penjual sayur keliling. Pribadinya yang dapat menjadi panutan mengantarkan beliau dipilih menjadi ketua RT. adapun saluran mobilitas sosial pada contoh di atas adalah...

a.      Lembaga agama

b.      Lembaga politik

c.      Lembaga ekonomi

d.      Lembaga pemerintahan

e.      Lembaga masyarakat

12.   Banjir di Jakarta tidak hanya mengakibatkan masyarakat mengungsi. Banjir juga menyebabkan banyak rumah rusak sehingga menimbulkan depresi bagi sebagian masyarakat. Masyarakat golongan kaya maupun golongan miskin sama-sama mengungsi dan tidak memiliki tempat tinggal layak huni. Konsekuensi banjir yang melanda Jakarta terhadap mobilitas sosial adalah...

a.      Mendorong seseorang untuk maju

b.      Meningkatkan standar hidup

c.      Muncul gangguan psikologis

d.      Menyebabkan disintegrasi dalam masyarakat

e.      Menyebabkan konflik antarpengungsi

 

13.   Selepas kuliah, Ruly ingin dapat mencari uang sendiri. Ruly memilih berwirausaha dengan membuka jasa Event Organizer (EO). Meskipun butuh waktu lama, EO miliknya kebanjiran pesanan. Kini Ruly tidak lagi menjalankan EO-nya, tetapi menjadi bos yang memimpin EO dengan mempekerjakan banyak karyawan. Contoh di atas merupakan jenis mobilitas...

a.      Horizontal naik

        b.      Vertikal naik

        c.      Horizontal intragenerasi

        d.      Vertikal antargenerasi

        e.      Struktural intragenerasi

14.   Setiap tahun pemerintah daerah Sumatra Selatan mengadakan acara jobfair. Kesempatan tersebut tidak akan dilewatkan oleh mereka yang belum mendapat pekerjaan. Melalui jobfair pencari kerja akan mendapat pekerjaan sehingga menaikkan status sosialnya. Faktor pendorong mobilitas sosial di atas adalah...

                a.      Situasi politik

                b.      Keadaan ekonomi

                c.      Struktur pekerjaan

 d.      Status pendidikan

 e.      Pertumbuhan penduduk

 

15.   Salah satu cara masyarakat melakukan mobilitas sosial vertikal berdasarkan usahanya sendiri tampak pada peristiwa...

a.      Mulyadi bergabung dengan partai politik karena ia sarjana ilmu politik

b.      Sulastri mengubah nama anaknya menjadi lebih modern sejak pindah ke kota

c.      Bu Mira sekeluarga pindah ke apartemen sejak suaminya menjabat sebagai direktur perusahaan

d.      Ida menjadi artis setelah menikah dengan artis top Indonesia

e.      Beni mengubah profesinya yang sebelumnya penjual buah menjadi penjual sayur karena lebih banyak untung

 

16.   Perhatikan contoh konflik berikut!

a.      Bentrok antara pedagang kaki lima dengan petugas satpol PP

b.     Konflik antara anggota DPR dalam membahas undang-undang

c.      Debat pengurus OSIS membahas agenda kegiatan yang sesuai budaya Indonesia

d.      Pengguna sepeda motor dan penjual pengecer berebut membeli BBM

e.      Tuntutan para buruh pada perusahaan tentang kenaikan upah


Konflik sosial yang disebabkan oleh faktor perbedaan kepentingan ditunjukkan oleh nomor... a. 1), 2), dan 3)

b.   1), 2), dan 4)

c.    1), 3), dan 5)

d.   2), 3), dan 5)

e.   3), 4), dan 5)

 

17.   Menjelang pemilu banyak warga di Desa Bukitsari bergabung menjadi kader partai. Akibatnya, terjadi persaingan dan gesekan antarwarga karena perbedaan partai yang didukungnya. Dampak konflik sosial di atas adalah...

a.      Menimbulkan luka fisik dan korban jiwa

b.      Menumbuhkan kesadaran politik warga

c.      Mendorong warga bersikap etnosentrisme

d.      Menyebabkan disintegrasi antarwarga

       e.      Menguatkan solidaritas antarwarga

 

18.   Perhatikan ciri-ciri berikut!

a.      Terdapat dua belah pihak yang mengalami konflik

b.      Pihak yang berkonflik meminta bantuan pihak lain sebagai penengah dalam proses perundingan

c.      Pihak yang berkonflik diberi kebebasan memberi keputusan setelah dipandu pihak ketiga

Proses penyelesaian konflik dengan ciri di atas dilakukan dengan cara...

a.      Koersi

b.      Mediasi

c.      Arbitrase

d.      Negosiasi

e.      Majority rule


19.   Upaya konservasi satwa langka oleh para pencinta satwa sering menuai konflik dari masyarakat. Banyak masyarakat yang tidak bersedia menyerahkan hewan langka mereka. Dilihat dari faktor penyebabnya, konflik di atas disebabkan oleh...

       a.      Perbedaan latar belakang budaya

b.      Perbedaan kepentingan

c.      Perbedaan keyakinan

d.      Ketimpangan sosial

       e.      Diskriminasi sosial

20.   Dampak konflik dan kekerasan yang dapat dirasakan langsung adalah...

a.      Sikap dan perilaku seseorang berubah

b.      Terjadi perubahan sistem politik

c.      Tercipta norma baru dalam masyarakat

d.      Timbul trauma bagi korban peperangan

e.      Muncul depresi yang dialami oleh korban konflik

21.   Terjadi tawuran antara siswa SMA Maju dan siswa SMA Lancar yang disebabkan oleh permasalahan sepele. Oleh karena itu, kedua sekolah sepakat melakukan mediasi guna menyelesaikan kasus tawuran. Pihak yang tepat untuk menjadi mediator adalah...

a.      Kepala sekolah, guru, dan masyarakat

b.      Kepala desa, ketua komite, dan orang tua

c.      Kepala sekolah, polisi, dan guru

d.      Polisi, tokoh agama, dan kepala desa

e.      Ketua komite, polisi, dan tokoh agama

22.   Yanto marah kepada orang tuanya yang tidak membelikannya sepeda motor baru. Yanto beranggapan dengan sepeda motor baru dapat mendukung aktivitasnya di sekolah. Sementara itu, menurut pandangan orang tua, sepeda motor lama masih bisa dipakai. Jika dilihat dari faktor penyebabnya, konflik di atas disebabkan oleh...

a.      Perbedaan pendapat dan pemikiran

b.      Perilaku deviasi yang dilakukan Yanto

c.      Kegagalan orang tua melakukan sosialisasi

d.      Pengaruh interaksi primer di sekitar Yanto

e.      Perbedaan status sosial antara Yanto dan orang tuanya

23.   Bentrok antara dua kelompok suporter menyebabkan tingkat solidaritas antaranggotanya menjadi kuat karena...

        a.      Muncul korban jiwa

 b.      Keterikatan genealogis

 c.      Kesamaan kelas sosial

d.      Perubahan konflik sosial

e.      Memiliki musuh bersama


24.   Mahkamah Konstitusi (MK) mengambil keputusan tentang sah atau tidaknya suatu pasal dalam undang-undang yang menjadi sengketa di antara lembaga-lembaga negara. Bentuk akomodasi pada kasus tersebut adalah...

       a.      Mediasi

b.      Arbitrase

c.      Kompromi

d.      Stalemate

e.      Segregasi


25.   Perhatikan contoh konflik berikut!

1.      Pekerja perempuan mendemo perusahaan karena tidak memberikan kesempatan naik jabatan

2.      Tuntutan para pengguna Jamkesmas atas perbedaan pelayanan ketika berobat

3.      Konflik antarkader partai dalam kampanye pemilu

4.      Konflik antarsuporter yang menimbulkan korban

5.      Wali murid mendemo sekolah karena tidak bersedia menerima siswa dari masyarakat miskin

Konflik sosial yang disebabkan oleh faktor diskriminasi ditunjukkan oleh nomor... a. 1), 2), dan 4)

b.   1), 2), dan 5)

c.    1), 3), dan 4)

d.   2), 3), dan 4)

e.   3), 4), dan 5)

 

 

26.   Ketika terjadi konflik antara suami dan istri, anak-anak sering dilibatkan sehingga mereka mengetahui permasalahan yang dihadapi orang tua. Dampak negatif konflik tersebut bagi anak-anak adalah...

a.      Pekerjaan dalam keluarga terbengkalai

b.      Anak mengalami keterbelakangan mental

c.      Anak menjadi mandiri dengan sendirinya tanpa bantuan orang tua

d.      Anak menjadi patuh terhadap orang tua karena takut

e.      Anak menjadi trauma dan berubah kepribadiannya

 

 

27.   Bentrok antarpemuda kompleks perumahan Asri dan kompleks perumahan Bersih awalnya diselesaikan dengan cara berdialog bersama. Oleh karena kesalahpahaman, konflik terjadi kembali dan menyebabkan korban luka. Akibatnya, ketua RT dan RW turut campur tangan dalam penyelesaian konflik. Urutan proses akomodasi dalam menyelesaikan konflik tersebut adalah...

a.      Negosiasi dan mediasi

b.      Mediasi dan negosiasi

c.      Toleransi dan arbitrase

d.      Arbitrase dan rekonsiliasi

e.      Negosiasi dan arbtrase

28.   Bangunan liar di bantaran sungai dibongkar paksa petugas pemerintahan Kota Jakarta sehingga menimbulkan bentrok. Pada awalnya masyarakat diizinkan menggunakan lahan karena bangunannya tidak permanen. Akan tetapi, banyak masyarakat yang mulai menjadikan tempat tinggal. Faktor yang melatarbelakangi konflik tersebut adalah...

a.      Perubahan sosial

b.      Perbedaan status

c.      Perbedaan kepentingan

d.      Perlakuan diskriminasi sosial

e.      Perbedaan latar belakang kebudayaan


29.   Konflik antara Palestina dan Israel berlangsung dalam jangka waktu lama. Oleh karena kedua negara sering terlibat konflik menyebabkan PBB turun tangan melakukan gencatan senjata. Dampak negatif konflik internasional di atas adalah...

a.      Menimbulkan upaya konsolidasi di antara kedua negara

b.      Menghidupkan kembali norma-norma lama

c.      Menimbulkan integrasi di antara kedua negara

d.      Menyebabkan luka fisik dan korban jiwa

e.      Memunculkan sikap separatisme

30.   Kasus pencurian diselesaikan dengan melibatkan ketua RT dan RW. Meskipun demikian, keputusan mengenai kasus pencurian diserahkan kepada korban. Akhirnya korban mengurungkan niat melaporkan kepada polisi. Adapun metode penyelesaian konflik tersebut adalah...

a.      Koersi

b.      Konsolidasi

c.      Kompromi

d.      Mediasi

e.      Ajudikasi

 

ESAY

1.      Sebagai generasi bangsa yang punya wawasan dan semangat hidup yang lebih baik coba anda ceritakan keinginan-keinginan atau cita-cita yang anda dambakan apakah untuk melakukan mobilitas sosial yang lebih baik ada hambatan yang anda hadapai, ceritakan mobilitas seperti apa yang anda harapkan, apa hambatan terbesarnya dan bagaimana cara anda keluar dari hambatan tersebut hingga nanti anda bisa mewujudkannya? (jelaskan minimal 100 kata)

2.      Sebagai mahluk hidup dan mahluk sosial tentunya anda pernah dong mengalami konflik, ceritakan pengalaman konflik yang pernah anda alami dan bagaimana anda menyelesaikanya? (jelaskan minimal 100 kata)