Minggu, 13 Juni 2021

1.3.a.5. Ruang Kolaborasi - Visi Guru Penggerak















 

1.3.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 6

1. Facts (Peristiwa) pengalaman menjadi CGP sungguh luar biasa, saya harus fokus mempelajari materi dan mengerjakan semua tugas yang ada di LMS, di modul 1.3. saya memperi hal baru yaitu  materi ingkuri apresiatif dengan model BAGJA. pada awalnya materi ini menurut saya cukup menantang dikarenakan CGP diarahkan untuk dapat menggali potensi dan kekuatan yang dimiliki siswa terutama siswa yang biasa-biasa saja.
2. Feelings (Perasaan)mendidik adalah tugas yang berat bagi seorang guru karena kita berkewajiban untuk memberikan yang terbaik untuk semua siswa bukan untuk beberapa orang saja. hal inisungguh pekerjaan yang memerlukan perhatian dan konsen yang penuh. sehingga tugas sebagai CGP bukanlah tugas biasa kita harus menar-benar fokus walau dalam keadaan lelahharus tetap dilakukan dalam keadaan senang.
3. Findings (Pembelajaran) setelah memahami materi 1.3. dimaana materi ini mengajarkan kita untuk menggali potensi-potensi siswa biasa agar menjadi luar biasa memberi kepuasan tersendiri dikarenakan ana yang biasanya tidak berani berpendapat sekarang sudah menunjukkan suatu kebeanian dan hasil yang cukup bagus walaupun terkadang mereka mash menunjukkan rasa ragu, tapi keberanian ini sudah muncul dan nampak sehingga saya akan terusberusaha menjaga kebiasaan baik ini agar menjadikan mereka menjadi pribadi-padi yang berani.
Future (Penerapan) dengan terus bekerjasama dengan orang-orang yang tepat segalanya akan terasa ringan karena dilakukan dengan senang dan bersama-sama dan akan menghasilkan sesuatu yang baik.

 

1.3.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 5

 

1. Facts (Peristiwa) pengalaman menjadi CGP sungguh luar biasa, saya harus fokus mempelajari materi dan mengerjakan semua tugas yang ada di LMS, di modul 1.3. saya memperi hal baru yaitu  materi ingkuri apresiatif dengan model BAGJA. pada awalnya materi ini menurut saya cukup menantang dikarenakan CGP diarahkan untuk dapat memetakan pemangku kepentingan di sekolah dan di luar sekolah kita yang dapat membantu CGP dalam mewujudkan merdeka belajar. dan itu tugas yang cukup menantang sekali bila dilaksanakan.
2. Feelings (Perasaan) jika tugasnya hanya memetakan kekuatan-kekuatan yang ada saya rasa tidak sulit menurut saya, akan tetapi saya merasa ini bukan bukan tugas yang ringan dikarenakan kita harus bisa memanfaatkan kekuatan yang yang ada itu untuk bisa berkolaborasi. nah disinilah tantagan yang sebenarnya. setelah mencoba berdiskusi dengan kepala sekolah dan rekankomunitas saya mendapatkan masukan bagaimana masukan yang luar biasa.
3. Findings (Pembelajaran) setelah memahami materi 1.3. dimaana materi ini mengajarkan kita untuk memetakan pemangku kepentingan yang ada di sekoah maupun di luar sekolah merupakan langkah yang  baik sebagai dasar kita untuk memulai tugas kita sebagai CGP dalam membantu kita mewujudkan Visi kita sebagai CGP, karena keberhasilan yang memuaskan dengan hasil baik tdak bisa dilakukan seorang diri melainkan harus dilakukan secara bersama-sama dengan orang-orang yang empunyai kepentingan dan kekuatan sehingga visi bisa terlaksana
Future (Penerapan) dengan terus bekerjasama dengan orang-orang yang tepat segalanya akan terasa ringan karena dilakukan dengan senang dan bersama-sama.

1.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 4

1. Facts (Peristiwa)
pengalaman menjadi CGP sungguh luar biasa, saya harus fokus mempelajari materi dan mengerakan semua tugas yang ada di LMS, hal ini menambah wawasan dan pengalaman saya, pengalaman yang begitu  banyak yang saya peroleh melalui bimbingan Bapak Faslitator dan hasil diskusi dengan rekan CGP untuk memahami nilai-nilai dan peran guru penggerak membuat saya semakin faham bagaimana menjadi guru yang baik.
2. Feelings (Perasaan)
saya bangga menjadi bagian dari CGP karena dengan mengikuti program ii saya semakin menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih berguna dan bermanfaat bagi orang lain, karena saya merasa tanggung jawab saya semakin banyak sehingga saya harus tetap fokus pada tjuan program ini (Guru Penggerak)
3. Findings (Pembelajaran)
setelah memahami nilai dan peran guru penggerak saya lebih mandiri dalam mengatasi permasalahan yang ada selalu berpikir cepat untuk memberikan soslusi pada setiap permasalahan yang terjadi di sekolah, saya bisa menggelola dan menciptakan kelas yang nyaman, selalu melakukan koreksi terhadap semua tindakan saya lakukan sesudahnya dan yeng terpenting saya semakin dekat dengan siswa kareka merasa nyaman dibimbing dengan saya.
4 Future (Penerapan)
dengan kondisi yang sudah saya ciptakan ini saya an terus berusaha memperbaiki dan terus berupaya mecari pola-pola yang tepat agar tujuan dari program Guru Penggerk ini bisa iwujudkan secara bersama-sama dengan semua pihak.

 

1.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 3

1.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 2

 

1. Facts (Peristiwa)
dengan mengikuti PGP banyak hal yang terjadi dalam diri saya, terutama dalam hal membagi waktu, kapan melaksanakan tugas mengajar di kelas, kapan melaksanakan tugas sebagai operator sekolah, kapan mengikuti jadwal pembelajaran di laman LMS dan ruang kolaborasi bersama rekan CGP dan Fasilitator, hal ini harus benar-benar bisa dikerjaknn dengan tepat waktu dengan jadwal saya yang begitu padat, sehingga saya harus ekstra menjaga kesehatan dan mengatur pol istirahat agar semua bisa berjalan dengan baik. selanjutnya melakukan sosialisasi dengan rekan sejawat di sekolah terkait dengan PGP agar semua warga sekolah satu pemahaman dan bisa bersama-sama mewujutkan profil pelajar pancasila dan mewujutkan proses pemeblajaran yang berpusat dan berpihak kepada siswa.
2. Feelings (Perasaan)
saya merasa minggu ke dua ini adalah minggu terberat karena saya harus merubah pola atau kebiasaan saya sebagai guru setelah mengikuti PGP, saya merasa saya harus ada perubahan sebagai guru sebelum dan sesudah mengikuti PGP. sehinga tekanan yang saya rasakan dalam diri saya cukup kuat baik yang berasal dari sendiri maupun dari orang lain hal ini semata-mata saya ingin menunjukkan bahwa tugas sebagai Guru Penggerak sangatlah istimewa yaitu untuk meneruskan tujuan pendidikan pelajar pancasila sesuai dengan pemikiran KHD.
3. Findings (Pembelajaran)
dalam kegiatan pembelajaran saya memulai dengan melakukan kesepakatan dengan siswa bagaimana proses pembelajaran yang mereka inginkan dan membuat aturan-aturan kelas agar kegiatan belajar-mengajar menciptakan pembelajarn yang berpusat n berpihak pada siswa. respon dari seluruh siswa sangat bagus mereka sangat senang dengan ;anglah yang saya lakukan tapi kendalanya masih banyak guru yang belum sepaham dengan program guru penggerak sehingga dalam proses pemebelajaran belum berpihak kepada siswa, sihinga banyak siswa yang protes mengapa guru yang lain belum mukan langkah seperti yang saya lakukan
4 Future (Penerapan)
jika kita bekerjasama dan saling mendukung tidak ada yang sulit, jadi untuk kedepannya saya akan terus berusaha melakukan kolaborasi lebih inten lagi dengan semua pihak agar program merdeka belajar ini bisa kita wujudkan secara bersama-sama untuk menghasilkan pelajar sesuai dengan harapan kita bersama. karena tidak pekerjaan berat jika dilaku secara bersama dan tidak ada pekerjaan yang ringan jika dilakukan sendiri.