Rabu, 23 Juni 2021
1.4.a.5.2 Ruang Kolaborasi - POSTER
Minggu, 13 Juni 2021
1.3.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 6
1. Facts (Peristiwa)
pengalaman menjadi CGP sungguh luar biasa, saya harus fokus mempelajari
materi dan mengerjakan semua tugas yang ada di LMS, di modul 1.3. saya
memperi hal baru yaitu materi ingkuri apresiatif dengan model BAGJA.
pada awalnya materi ini menurut saya cukup menantang dikarenakan CGP
diarahkan untuk dapat menggali potensi dan kekuatan yang dimiliki siswa terutama siswa yang biasa-biasa saja.
2. Feelings (Perasaan)mendidik adalah tugas yang berat bagi seorang guru
karena kita berkewajiban untuk memberikan yang terbaik untuk semua
siswa bukan untuk beberapa orang saja. hal inisungguh pekerjaan yang
memerlukan perhatian dan konsen yang penuh. sehingga tugas sebagai CGP
bukanlah tugas biasa kita harus menar-benar fokus walau dalam keadaan
lelahharus tetap dilakukan dalam keadaan senang.
3.
Findings (Pembelajaran)
setelah memahami materi 1.3. dimaana materi ini mengajarkan kita untuk
menggali potensi-potensi siswa biasa agar menjadi luar biasa memberi
kepuasan tersendiri dikarenakan ana yang biasanya tidak berani
berpendapat sekarang sudah menunjukkan suatu kebeanian dan hasil yang
cukup bagus walaupun terkadang mereka mash menunjukkan rasa ragu, tapi
keberanian ini sudah muncul dan nampak sehingga saya akan terusberusaha
menjaga kebiasaan baik ini agar menjadikan mereka menjadi pribadi-padi
yang berani.
Future
(Penerapan) dengan terus bekerjasama dengan orang-orang yang tepat
segalanya akan terasa ringan karena dilakukan dengan senang dan
bersama-sama dan akan menghasilkan sesuatu yang baik.
1.3.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 5
1. Facts (Peristiwa)
pengalaman menjadi CGP sungguh luar biasa, saya harus fokus mempelajari
materi dan mengerjakan semua tugas yang ada di LMS, di modul 1.3. saya
memperi hal baru yaitu materi ingkuri apresiatif dengan model BAGJA.
pada awalnya materi ini menurut saya cukup menantang dikarenakan CGP
diarahkan untuk dapat memetakan pemangku kepentingan di sekolah dan di
luar sekolah kita yang dapat membantu CGP dalam mewujudkan merdeka
belajar. dan itu tugas yang cukup menantang sekali bila dilaksanakan.
2. Feelings (Perasaan) jika tugasnya hanya memetakan kekuatan-kekuatan
yang ada saya rasa tidak sulit menurut saya, akan tetapi saya merasa ini
bukan bukan tugas yang ringan dikarenakan kita harus bisa memanfaatkan
kekuatan yang yang ada itu untuk bisa berkolaborasi. nah disinilah
tantagan yang sebenarnya. setelah mencoba berdiskusi dengan kepala
sekolah dan rekankomunitas saya mendapatkan masukan bagaimana masukan
yang luar biasa.
3. Findings (Pembelajaran)
setelah memahami materi 1.3. dimaana materi ini mengajarkan kita untuk
memetakan pemangku kepentingan yang ada di sekoah maupun di luar sekolah
merupakan langkah yang baik sebagai dasar kita untuk memulai tugas
kita sebagai CGP dalam membantu kita mewujudkan Visi kita sebagai CGP,
karena keberhasilan yang memuaskan dengan hasil baik tdak bisa dilakukan
seorang diri melainkan harus dilakukan secara bersama-sama dengan
orang-orang yang empunyai kepentingan dan kekuatan sehingga visi bisa
terlaksana
Future (Penerapan) dengan terus bekerjasama dengan
orang-orang yang tepat segalanya akan terasa ringan karena dilakukan
dengan senang dan bersama-sama.
1.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 4
1. Facts (Peristiwa)
pengalaman menjadi CGP sungguh luar
biasa, saya harus fokus mempelajari materi dan mengerakan semua tugas
yang ada di LMS, hal ini menambah wawasan dan pengalaman saya,
pengalaman yang begitu banyak yang saya peroleh melalui bimbingan Bapak
Faslitator dan hasil diskusi dengan rekan CGP untuk memahami
nilai-nilai dan peran guru penggerak membuat saya semakin faham
bagaimana menjadi guru yang baik.
2. Feelings (Perasaan)
saya
bangga menjadi bagian dari CGP karena dengan mengikuti program ii saya
semakin menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih berguna dan bermanfaat
bagi orang lain, karena saya merasa tanggung jawab saya semakin banyak
sehingga saya harus tetap fokus pada tjuan program ini (Guru Penggerak)
3. Findings (Pembelajaran)
setelah
memahami nilai dan peran guru penggerak saya lebih mandiri dalam
mengatasi permasalahan yang ada selalu berpikir cepat untuk memberikan
soslusi pada setiap permasalahan yang terjadi di sekolah, saya bisa
menggelola dan menciptakan kelas yang nyaman, selalu melakukan koreksi
terhadap semua tindakan saya lakukan sesudahnya dan yeng terpenting saya
semakin dekat dengan siswa kareka merasa nyaman dibimbing dengan saya.
4 Future (Penerapan)
dengan
kondisi yang sudah saya ciptakan ini saya an terus berusaha memperbaiki
dan terus berupaya mecari pola-pola yang tepat agar tujuan dari program
Guru Penggerk ini bisa iwujudkan secara bersama-sama dengan semua
pihak.
1.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 3
1.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 2
1. Facts (Peristiwa)
dengan mengikuti PGP banyak hal yang
terjadi dalam diri saya, terutama dalam hal membagi waktu, kapan
melaksanakan tugas mengajar di kelas, kapan melaksanakan tugas sebagai
operator sekolah, kapan mengikuti jadwal pembelajaran di laman LMS dan
ruang kolaborasi bersama rekan CGP dan Fasilitator, hal ini harus
benar-benar bisa dikerjaknn dengan tepat waktu dengan jadwal saya yang
begitu padat, sehingga saya harus ekstra menjaga kesehatan dan mengatur
pol istirahat agar semua bisa berjalan dengan baik. selanjutnya
melakukan sosialisasi dengan rekan sejawat di sekolah terkait dengan PGP
agar semua warga sekolah satu pemahaman dan bisa bersama-sama
mewujutkan profil pelajar pancasila dan mewujutkan proses pemeblajaran
yang berpusat dan berpihak kepada siswa.
2. Feelings (Perasaan)
saya
merasa minggu ke dua ini adalah minggu terberat karena saya harus
merubah pola atau kebiasaan saya sebagai guru setelah mengikuti PGP,
saya merasa saya harus ada perubahan sebagai guru sebelum dan sesudah
mengikuti PGP. sehinga tekanan yang saya rasakan dalam diri saya cukup
kuat baik yang berasal dari sendiri maupun dari orang lain hal ini
semata-mata saya ingin menunjukkan bahwa tugas sebagai Guru Penggerak
sangatlah istimewa yaitu untuk meneruskan tujuan pendidikan pelajar
pancasila sesuai dengan pemikiran KHD.
3. Findings (Pembelajaran)
dalam
kegiatan pembelajaran saya memulai dengan melakukan kesepakatan dengan
siswa bagaimana proses pembelajaran yang mereka inginkan dan membuat
aturan-aturan kelas agar kegiatan belajar-mengajar menciptakan
pembelajarn yang berpusat n berpihak pada siswa. respon dari seluruh
siswa sangat bagus mereka sangat senang dengan ;anglah yang saya lakukan
tapi kendalanya masih banyak guru yang belum sepaham dengan program
guru penggerak sehingga dalam proses pemebelajaran belum berpihak kepada
siswa, sihinga banyak siswa yang protes mengapa guru yang lain belum
mukan langkah seperti yang saya lakukan
4 Future (Penerapan)
jika
kita bekerjasama dan saling mendukung tidak ada yang sulit, jadi untuk
kedepannya saya akan terus berusaha melakukan kolaborasi lebih inten
lagi dengan semua pihak agar program merdeka belajar ini bisa kita
wujudkan secara bersama-sama untuk menghasilkan pelajar sesuai dengan
harapan kita bersama. karena tidak pekerjaan berat jika dilaku secara
bersama dan tidak ada pekerjaan yang ringan jika dilakukan sendiri.
Langganan:
Postingan (Atom)